Desa Penari di Banyuwangi

Desa Penari di Banyuwangi Punya Taman Berisi 1.000 Patung

Desa Penari di Banyuwangi Punya Taman Berisi 1.000 Patung

Akhir-akhir ini kisah viral KKN di Desa Penari. Tahukah Anda, di Banyuwangi ada taman indah berisi 1.000 penari. Ingin tahu?

Kisah Program Layanan Masyarakat Desa Penari adalah viral di kalangan wisatawan. Berawal dari media sosial Twitter, kini Kisah Program Layanan Masyarakat Desa Penari telah menyebar ke mana-mana. Beberapa bahkan menebak di mana desa itu berada.

Untuk para pelancong yang tahu, di Banyuwangi ada satu tujuan yang memiliki sekitar 1.000 patung penari yang tergila-gila. Nama tujuan ini adalah Taman Terracotta Gandrung. Kami pernah mengunjungi taman ini beberapa waktu lalu.

Tarian Gandrung memang identik dengan Banyuwangi. Di satu sisi, Gandrung adalah tarian khas dari kabupaten di ujung paling timur Pulau Jawa.

Tarian Banyuwangi Gandrung awalnya ditampilkan sebagai wujud rasa terima kasih raja poker368 masyarakat setelah panen. Gandrung sendiri berarti daya tarik komunitas agraris Blambangan kepada Dewi Sri sebagai Dewi Padi yang membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Tarian Gandrung masih merupakan genre dengan tarian Tayub di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat, Lengger di wilayah Banyumas dan Joged Bumbung di Bali. Tarian ini melibatkan penari wanita profesional yang menari bersama tamu, terutama pria, dengan diiringi musik gamelan.

Gandrung adalah seni pertunjukan tari yang disajikan dengan iringan musik khas Gamelan Osing. Tarian ini dilakukan berpasangan antara wanita (penari tergila-gila) dan pria (pemaju) yang dikenal sebagai ‘paju’.

Perjalanan Paling Jauh Di Dunia 19 Jam Di Dalam Pesawat

Biasanya Tari Gandrung dipentaskan pada pernikahan, pertapa laut, sunat, tujuh lusin dan acara formal dan informal lainnya. Hampir semua daerah di Banyuwangi atau daerah sekitarnya mengenal Gandrung sebagai bentuk tarian

Pertunjukan tari Gandrung biasanya dimulai sekitar pukul 21:00 dan berakhir hingga sekitar subuh sekitar pukul 04.00 WIB. Hampir sepanjang malam, persis seperti pertunjukan wayang kulit.

Tak ada salahnya jika Banyuwangi melekat pada Gandrung. Bahkan dijuluki Kota Gandrung. Karena itu, sebagai ikon pariwisata, Taman Terrotta Gandrung dibangun dengan ribuan penari gandrung yang terbuat dari tanah liat.

Taman Gandrung Terakota adalah persatuan dengan Jiwa Jawa Resort, sebuah penginapan bernuansa seni di Desa Taman Sari, Distrik Licin, Kabupaten Banyuwangi. Taman ini dibangun sebagai seni dan budaya ‘Situs Seni Peduli’.

Di dalam, ada amfiteater terbuka, galeri seni, pertunjukan dramatis, acara musik, dan berbagai tanaman endemik di daerah setempat dikombinasikan dengan patung penari Gandrung, membuat taman ini menjadi tujuan yang harus dilewatkan ketika berlibur ke Banyuwangi.

Sekarang, tentang hubungan antara kisah horor KKN Desa Penari dan Tari Banyuwangi Gandrung, biarkan itu tetap menjadi misteri. Yang jelas, Tari Gandrung adalah kesenian daerah Banyuwangi yang patut diapresiasi sebagai objek wisata. Begitu juga dengan Taman Gandrung Terracotta Banyuwangi yang eksotis ini.