joko widodo di busan

Gamcheon Culture Village, Kampung Pelangi di Busan yang Dikunjungi Jokowi

Dalam kunjungan kerjanya ke Korea Selatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta ibu negara Iriana sempat berkunjung ke kampung warna-warni di Busan. Inilah sejarahnya.

Di celah kunjungan kerjanya di Korea Selatan, Presiden Jokowi juga pernah berbagi kejadian pelesirnya ke Gamcheon Culture Village di Busan, Minggu (24/11) . Gak sendiri, dia pun dibarengi ibu negara Irian dan Menlu Retno Marsudi serta rombongan Kepresidenan.

Melalui kunjungan singkat kata itu, Jokowi lantas sempat memberi pujian pada kampung warna-warni Gamcheon seperti ditulisnya di halaman Instagram pribadinya.

“Ya ini sore-sore kita jalan dibawa pak dubes serta ibu menteri luar negeri buat menyaksikan Kampung Gamcheon. Ini yaitu penyusunan kampung yang awal mulanya lusuh, setelah itu dilaksanakan pengecatan, namun juga aktivitas pemberdayaannya diisi, ” kata Jokowi.

Seperti kata Presiden Jokowi, dulu kampung warna-warni Gamcheon sebagai pemukiman lusuh. Disaksikan detikcom dari situs pariwisata Korea Selatan, Selasa (26/11/2019) , mengenai suatu gagasan dilaksanakan tahun 2009 lalu buat mengubah image Gamcheon.

Wulan Guritno Tampil Seksi Saat Berlibur ke Bali

Mundur ke tahun 1950 kala Perang Korea, Busan termasuk juga Gamcheon sebagai area pelarian banyak pengungsi perang yang ada dipinggir pantai. Jadi area pengungsi, image lusuh serta miskin bersama kampung itu.

Di tahun 2009, pemerintah Korea Selatan lantas ambil gagasan bernama ‘Dreaming of Busan Machu Picchu’ yang mengubah nasib Gamcheon selama-lamanya. Bersinergi dengan beberapa seniman, setiap rumah di kampung itu diwarnai demikian rupa sampai jadi demikian atraktif serta Instagrammable!

Tidak cuman bangunan yang dicat warna-warni, banyak seniman pun melukis mural menarik di tiap-tiap pojok kampung. Gamcheon yang dahulunya lusuh lantas udah bertransformasi jadi area kreatif serta object wisata nomor 1 di Busan.

Apabila traveler mau menjelajahinya, lebih baiknya mengawali dari pusat kabar Haneul Maru lebih dahulu. Disana, beli lah suatu peta kabar terdapat beragam spot wisata serta teratas Gamcheon. Peta itu juga pun berubah menjadi wadah stempel yang kedepannya dapat ditukar dengan hadiah menarik.

Perlu diingat pun bertandang ke museum histori Gamcheon serta bergaya di tangga Harry Potter yang tenar. Gak cuman itu, tentulah terdapat banyak spot wisata menarik yang lain di Gamcheon.

Trik kesana :

Dari Busan, naiklah subway ketujuan Stasiun Toseong (Line 1) serta keluar dari pintu 6 sampai menemukannya halte bis yang bertempat di muka Rumah Sakit Kampus Negeri Pusan. Disana naikilah bis ketujuan kampung warna-warni Gamcheon.